NAMA : LAILAN SAKINAH
NIM : 35.12.3.152
SEM/JUR : V / PMM5
Pertanyaan kelompok 5
SOAL :
1)
Apa
pengertian ICT ?
2)
Perangkat
apa yang bekerja sesuai dengan definisi ICT ?
3)
Apa
beda istilah antara pembelajaran MM berbasis ICT dan media pembelajaran
berbasis ICT ?
4)
Apa
saja perangkat yang umum digunakan untuk mendukung media pembelajaran MM yang
berbasis ICT?
5)
Apakah
pemerintah Indonesia telah memiliki payung hukum (kebijakan mengenai
pemanfaatan pengembangan media pembelajaran berbasis komputer ) !
6)
Apa
pengertian pengembangan media pembelajaran berbasis ICT !
7)
Deskripsikan
model-model yang menjelaskan prosedur-prosedur pengembangan media pembelajaran
MM berbasis ICT
8)
Bagaimana
cara sesorang guru MM dalam mengembangkan media pembelajaran menggunakan web
dan blok, jelaskan cara dan prinsip
pengembangannya !
JAWABAN :
1)
ICT
adalah singkatan dari Information and Communications Technology atau biasa
disebut TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Teknologi Informasi adalah
suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk
menghasilkan informasi yang berkualitas. Yaitu informasi yang relevan, akurat
dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan
pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan
keputusan.
2) Perangkat yang bekerja pada ICT
diantaranya yaitu :
Secara umum, perangkat yang diperlukan untuk mengembangkan
media pembelajaran berbasis ICT meliputi perangkat keras (hardware) dan
perangkat lunak (software). Perangkat keras dapat berupa: komputer, scanner,
speaker, microfon, CDROM, DVDROM, flashdisk, kartu memori, kamera digital,
kamera video, dan sebagainya. Pada saat ini tersedia banyak pilihan perangkat
lunak yang dapat digunakan untuk mengembangkan media pembel-ajaran berbasis
ICT. Software pengembangan media pembelajaran sangat beragam, mulai dari
software umum sampai software khusus pengembangan media.
3)
Pembelajaran
MM berbasis ICT adalah Pembelajaran yang merupakan pembelajaran dengan
menggunakan software komputer (CD pembelajaran) berupa program komputer yang
berisi tentang muatan pembelajaran meliputi: judul, tujuan, materi
pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
Media pembelajaran berbasis ICT adalah alat yang digunakan dalam
proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi atau TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi.
4)
Website
Grafik Fungsi Kuadrat, program web page maker , Macromedia Flash CS 4 ,
Autograf, Turbo Pascal.
5)
Sudah, karena telah
terdapat di Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional menyatakan pemanfaatan TIK dalam pendidikan melalui
Pendidikan Jarak Jauh bahwa “(1) Pendidikan jarak jauh diselenggarakan
pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan, (2) Pendidikan jarak jauh
berfungsi memberikan layanan pendidikan kepada kelompok masyarakat yang tidak
dapat mengikuti pendidikan secara tatap muka atau reguler, (3) Pendidikan jarak
jauh diselenggarakan dalam bentuk, modus dan cakupan yang didukung oleh sarana
dan layanan belajar serta sistem penilaian yang menjamin mutu lulusan sesuai
dengan standar nasional pendidikan. Jadi sistem pendidikan jarak jauh telah
menjadi suatu inovasi yang berarti dalam dunia pendidikan nasional. Sistem
pendidikan jarak jauh yang dimulai dengan generasi pertama korespondensi
(cetak), generasi kedua multimedia (Audio, VCD, DVD), generasi ketiga
pembelajaran jarak jauh (telekonferensi/TVe), generasi keempat pembelajaran
fleksibel (multimedia interaktif) dan generasi kelima e-Learning (web based
course), akhirnya generasi keenam pembelajaran mobile (koneksi nirkabel/www).
Dan Kebijakan
pemerintah atas penggunaan ICT didasarkan pada keppres No.50/2000 tentang
pengadaan tim koordinir telematika Indonesia. Telematika adalah kepanjangan
dari teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang mengacu pada
pemanfaatan ICT dalam berbagai sektor dan aspek kehidupan. Dalam sektor
pendidikan ada juga suatu program telematika pendidikan atau pemanfaatan ICT
dalam pendidikan yang juga dikenal e-education. Dalam pelaksanaannya, kelompok
kerja tersebut telah menyusun rencana kerja selama lima tahun untuk
pengembangan dan pelaksanaan e-education.
6)
Pengembangan
media pembelajaran berbasis ICT adalah perbuatan menjadikan bertambah, berubah
sempurna (pikiran, pengetahuan dan sebagainya). Kegiatan pengembangan meliputi
tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang diikuti dengan kegiatan
penyempurnaan sehingga diperoleh bentuk yang dianggap memadahi. Untuk melakukan
kegiatan pengembangan media pembelajaran diperlukan prosedur pengembangan.
Prosedur pengembangan adalah langkah-langkah prosedural yang harus ditempuh
oleh pengembang agar sampai ke produk yang dispesifikasikan. Prosedur
pengembangan media meliputi beberapa tahap, yaitu perencanaan atau penyusunan
rancangan media, produksi media, dan evaluasi media.
7)
Prinsip pengembangan
media menurut William W. Lee dan Diana L. Owens (2004: 162):
a. menyusun
sebuah kerangka dari pengembangan alat, pengembangan spesifikasi, dan standarny;
b. mengembangkan
bagian-bagian dari media yang telah dicocokkan dengan kerangkanya;
c. meninjau
dan perbaiki produknya;
d. mengimplementasikan
produk akhirnya.
8) Dengan
cara guru mengajari anak didik bagaimana cara membuat blok agar si anak
mempunyai blok dan dapat memberikan informasi yang dia ketahui dan mencari
informasi dari blok dan web yang ada di internet
Pertanyaan kelompok 6
SOAL :
1) Apa
bedanya alat peraga dengan Media Pembelajaran secara khusus ?
2) Apa
prinsip umum alat peraga jika harus menunjukkan kompetensi yang berciri proses,
misalnya proses siang dan malam ?
3) Apa
prinsip umum alat peraga jika harus menunjukkan kompetensi yang berciri
simulasi, misalnya operasi hitung bilangan bulat ?
4) Apa
prinsip umum alat peraga jika harus menunjukkan kompetensi yang berciri operasi
geometri, misalnya menyelidiki sifat bangun ruang dan jaring-jaring kubus ?
JAWABAN:
1) Alat
peraga yaitu merupakan suatu alat bantu yang digunakan pengajar untuk memberikan
pengajaran kepada murid yang tujuannya agar siswa atau pelajar mampu mempelajari sesuatu bidang
yang dipelajari, lebih cepat memahami dan mengerti, dan lebih efektif serta
efisien, intinya alat peraga merupakan salah satu komponen penentu efektivitas
belajar dimana alat peraga mengubah materi ajar yang abstrak menjadi kongkrit
dan realistic.
Media pembelajaran
yaitu segala bahan , alat, metode, ataupun teknik yang digunakan untuk
menyampaikan informasi (siswa) selama
proses pembelajaran sehingga dicapai proses pembelajaran yang bermutu.
Perbedaan
antara media dengan alat peraga terletak pada fungsi, dikatakan alat
peraga jika hal tersebut fungsinya hanya
sebagai alat bantu, hal tersebut
dikatakan media jika sumber belajar itu merupakan bagian integral dari seluruh proses belajar.
denagan demikian media memiliki peran utama dalam keberhasilan pendidikan,
sedangkan alat bantu hanya sebagai perantara
dalam mermudahkan dalam
penyamaian informasi.
2)
Alat
peraga ini yang memiliki kompetensi mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi ,
yang mana prinsip umum dari alat peraga ini adalah menjelaskan penyebab
terjadinya siang dan malam , menemukan peristiwa terjadinya siang dan malam
melalui hasil percobaan dengan bola dan lilin menyala yang disimulasi enjadi
bumi dan matahari .
3)
Prinsip nya harus
mengandung operasi bilangan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian, bilangan bulat postif dan bilangan bulat negatif. misalnya operasi hitung bilangan
bulat.harus mempertimbangkan alat dengan
medianya, misal: Khusus alat peraga matematika yang digunakan di depan
kelas, misalnya :Tangga garis bilangan merupakan alat peraga dan sekaligus
merupakan alat permainan bagi siswa. Alat peraga ini manfaatnya adalah untuk
menjelaskan konsep bilangan.
Contoh -3 + 5 =
…….
-7
|
-6
|
-5
|
-4
|
-3
|
-2
|
-1
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
Jadi, kita berangkat dari -3 dan melompat sebanyak 5
kali ke arah kanan. Jadi hasilnya adalah 2. Begitu juga untuk pengurangan,
tetapi untuk pengurangan, dia melompat ke kiri sebanyak jumlah yang ditentukan.
Contoh : -2 – 3 = ……
-7
|
-6
|
-5
|
-4
|
-3
|
-2
|
-1
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
Jadi, hasilnya adalah -5.
Masih banyak alat-alat
peraga matematika yang sudah diuji keakuratannya, antara lain Neraca bilangan,
Papan Fanel, Abacus, Roda Meteran, Mata Uang Logam, Paku Payung, Dadu Bermata
dan masih banyak lagi.
4) prinsip umum alat peraga jika harus
menunjukkan kompetensi yang berciri operasi geometri, misalnya menyelidiki sifat bangun ruang dan
jaring-jaring kubus,Alat peraga tersebut harus dibuat sebaik mungkin,
menarik untuk diamati, dan mendorong siswa untuk bersifat penasaran (curious),
sehingga diharapkan motivasi belajarnya semakin meningkat.Alat peraga juga
diharapkan menumbuhkan daya imajinsi dalam diri siswa. Misalnya alat peraga
benda-benda ruang dapat mendorong siswa dalam meningkatkan daya tilik ruangnya,
mampu membandingkannya dengan benda-bendasekitar dalam lingkungannya
sehari-hari, dan mampu menganalisis sifat-sifat benda yang dihadapinya
itu.Misalnya, jika siswa telah menggunakan sebuah kubus, untuk mempelajari
sifat-sifat yang dimiliki kubus, siswa terdorong untuk meneliti sifat-sifat
benda nyata di alam sekitar yang memiliki bentuk serupa dengan kubus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar