Senin, 23 Maret 2015

MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (JAWABAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA)

NAMA            : LAILAN SAKINAH
NIM                : 35.12.3.152
SEM/JUR        : V / PMM5
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Pertanyaan kelompok 5
SOAL :
1)      Apa pengertian ICT ?
2)      Perangkat apa yang bekerja sesuai dengan definisi ICT ?
3)      Apa beda istilah antara pembelajaran MM berbasis ICT dan media pembelajaran berbasis ICT ?
4)      Apa saja perangkat yang umum digunakan untuk mendukung media pembelajaran MM yang berbasis ICT?
5)      Apakah pemerintah Indonesia telah memiliki payung hukum (kebijakan mengenai pemanfaatan pengembangan media pembelajaran berbasis komputer ) !
6)      Apa pengertian pengembangan media pembelajaran berbasis ICT  !
7)      Deskripsikan model-model yang menjelaskan prosedur-prosedur pengembangan media pembelajaran MM berbasis ICT
8)      Bagaimana cara sesorang guru MM dalam mengembangkan media pembelajaran menggunakan web dan blok,  jelaskan cara dan prinsip pengembangannya !
JAWABAN :
1)      ICT adalah singkatan dari Information and Communications Technology atau biasa disebut TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

2)      Perangkat yang bekerja pada ICT diantaranya yaitu :
Secara umum, perangkat yang diperlukan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras dapat berupa: komputer, scanner, speaker, microfon, CDROM, DVDROM, flashdisk, kartu memori, kamera digital, kamera video, dan sebagainya. Pada saat ini tersedia banyak pilihan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengembangkan media pembel-ajaran berbasis ICT. Software pengembangan media pembelajaran sangat beragam, mulai dari software umum sampai software khusus pengembangan media.

3)      Pembelajaran MM berbasis ICT adalah Pembelajaran yang merupakan pembelajaran dengan menggunakan software komputer (CD pembelajaran) berupa program komputer yang berisi tentang muatan pembelajaran meliputi: judul, tujuan, materi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
Media pembelajaran berbasis ICT adalah alat yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi atau TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi.

4)      Website Grafik Fungsi Kuadrat, program web page maker , Macromedia Flash CS 4 , Autograf, Turbo Pascal.

5)      Sudah, karena telah terdapat di Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan pemanfaatan TIK dalam pendidikan melalui Pendidikan Jarak Jauh  bahwa “(1) Pendidikan jarak jauh diselenggarakan pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan, (2) Pendidikan jarak jauh berfungsi memberikan layanan pendidikan kepada kelompok masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan secara tatap muka atau reguler, (3) Pendidikan jarak jauh diselenggarakan dalam bentuk, modus dan cakupan yang didukung oleh sarana dan layanan belajar serta sistem penilaian yang menjamin mutu lulusan sesuai dengan standar nasional pendidikan. Jadi sistem pendidikan jarak jauh telah menjadi suatu inovasi yang berarti dalam dunia pendidikan nasional. Sistem pendidikan jarak jauh yang dimulai dengan generasi pertama korespondensi (cetak), generasi kedua multimedia (Audio, VCD, DVD), generasi ketiga pembelajaran jarak jauh (telekonferensi/TVe), generasi keempat pembelajaran fleksibel (multimedia interaktif) dan generasi kelima e-Learning (web based course), akhirnya generasi keenam pembelajaran mobile (koneksi nirkabel/www). Dan Kebijakan pemerintah atas penggunaan ICT didasarkan pada keppres No.50/2000 tentang pengadaan tim koordinir telematika Indonesia. Telematika adalah kepanjangan dari teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang mengacu pada pemanfaatan ICT dalam berbagai sektor dan aspek kehidupan. Dalam sektor pendidikan ada juga suatu program telematika pendidikan atau pemanfaatan ICT dalam pendidikan yang juga dikenal e-education. Dalam pelaksanaannya, kelompok kerja tersebut telah menyusun rencana kerja selama lima tahun untuk pengembangan dan pelaksanaan e-education.

6)      Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT adalah perbuatan menjadikan bertambah, berubah sempurna (pikiran, pengetahuan dan sebagainya). Kegiatan pengembangan meliputi tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang diikuti dengan kegiatan penyempurnaan sehingga diperoleh bentuk yang dianggap memadahi. Untuk melakukan kegiatan pengembangan media pembelajaran diperlukan prosedur pengembangan. Prosedur pengembangan adalah langkah-langkah prosedural yang harus ditempuh oleh pengembang agar sampai ke produk yang dispesifikasikan. Prosedur pengembangan media meliputi beberapa tahap, yaitu perencanaan atau penyusunan rancangan media, produksi media, dan evaluasi media.


7)      Prinsip pengembangan media menurut William W. Lee dan Diana L. Owens (2004: 162):
a.       menyusun sebuah kerangka dari pengembangan alat, pengembangan spesifikasi, dan standarny;
b.      mengembangkan bagian-bagian dari media yang telah dicocokkan dengan kerangkanya;
c.       meninjau dan perbaiki produknya;
d.      mengimplementasikan produk akhirnya.

8)      Dengan cara guru mengajari anak didik bagaimana cara membuat blok agar si anak mempunyai blok dan dapat memberikan informasi yang dia ketahui dan mencari informasi dari blok dan web yang ada di internet

Pertanyaan kelompok 6
SOAL :
1)      Apa bedanya alat peraga dengan Media Pembelajaran secara khusus ?
2)      Apa prinsip umum alat peraga jika harus menunjukkan kompetensi yang berciri proses, misalnya proses siang dan malam ?
3)      Apa prinsip umum alat peraga jika harus menunjukkan kompetensi yang berciri simulasi, misalnya operasi hitung bilangan bulat ?
4)      Apa prinsip umum alat peraga jika harus menunjukkan kompetensi yang berciri operasi geometri, misalnya menyelidiki sifat bangun ruang dan jaring-jaring kubus ?
JAWABAN:
1)      Alat peraga yaitu merupakan suatu alat bantu yang digunakan pengajar untuk memberikan pengajaran kepada murid yang tujuannya agar siswa  atau pelajar mampu mempelajari sesuatu bidang yang dipelajari, lebih cepat memahami dan mengerti, dan lebih efektif serta efisien, intinya alat peraga merupakan salah satu komponen penentu efektivitas belajar dimana alat peraga mengubah materi ajar yang abstrak menjadi kongkrit dan realistic.
Media pembelajaran yaitu segala bahan , alat, metode, ataupun teknik yang digunakan untuk menyampaikan informasi  (siswa) selama proses pembelajaran sehingga dicapai proses pembelajaran yang bermutu.
Perbedaan antara media dengan alat peraga terletak pada fungsi, dikatakan alat peraga  jika hal tersebut fungsinya hanya sebagai alat bantu, hal tersebut  dikatakan media jika sumber belajar itu merupakan  bagian integral dari seluruh proses belajar. denagan demikian media memiliki peran utama dalam keberhasilan pendidikan, sedangkan alat bantu hanya sebagai perantara  dalam mermudahkan dalam  penyamaian informasi.

2)      Alat peraga ini yang memiliki kompetensi mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi , yang mana prinsip umum dari alat peraga ini adalah menjelaskan penyebab terjadinya siang dan malam , menemukan peristiwa terjadinya siang dan malam melalui hasil percobaan dengan bola dan lilin menyala yang disimulasi enjadi bumi dan matahari .

3)      Prinsip nya harus mengandung operasi bilangan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, bilangan bulat postif dan bilangan bulat negatif. misalnya operasi hitung bilangan bulat.harus  mempertimbangkan alat dengan medianya, misal: Khusus alat peraga matematika yang digunakan di depan kelas, misalnya :Tangga garis bilangan merupakan alat peraga dan sekaligus merupakan alat permainan bagi siswa. Alat peraga ini manfaatnya adalah untuk menjelaskan konsep bilangan.
Contoh  -3 + 5 = …….
-7
-6
-5
-4
-3
-2
-1
0
1
2
3
4
5
6
7
Jadi, kita berangkat dari -3 dan melompat sebanyak 5 kali ke arah kanan. Jadi hasilnya adalah 2. Begitu juga untuk pengurangan, tetapi untuk pengurangan, dia melompat ke kiri sebanyak jumlah yang ditentukan.
Contoh : -2 – 3 = ……
-7
-6
-5
-4
-3
-2
-1
0
1
2
3
4
5
6
7
Jadi, hasilnya adalah -5.
Masih banyak alat-alat peraga matematika yang sudah diuji keakuratannya, antara lain Neraca bilangan, Papan Fanel, Abacus, Roda Meteran, Mata Uang Logam, Paku Payung, Dadu Bermata dan masih banyak  lagi.
4)      prinsip umum alat peraga jika harus menunjukkan kompetensi yang berciri operasi geometri, misalnya  menyelidiki sifat bangun ruang dan jaring-jaring kubus,Alat peraga tersebut harus dibuat sebaik mungkin, menarik untuk diamati, dan mendorong siswa untuk bersifat penasaran (curious), sehingga diharapkan motivasi belajarnya semakin meningkat.Alat peraga juga diharapkan menumbuhkan daya imajinsi dalam diri siswa. Misalnya alat peraga benda-benda ruang dapat mendorong siswa dalam meningkatkan daya tilik ruangnya, mampu membandingkannya dengan benda-bendasekitar dalam lingkungannya sehari-hari, dan mampu menganalisis sifat-sifat benda yang dihadapinya itu.Misalnya, jika siswa telah menggunakan sebuah kubus, untuk mempelajari sifat-sifat yang dimiliki kubus, siswa terdorong untuk meneliti sifat-sifat benda nyata di alam sekitar yang memiliki bentuk serupa dengan kubus.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar